RSS

About

sejarah PMRI



Pendekatan matematika realistic adalah sebuah pendekatan pembelajaran matematika yang dikembangkan Freudenthal di Belanda. Matematika realistik yang dimaksudkan dalam hal ini adalah matematika sekolah yang dilaksanakan dengan menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran. Pembelajaran matematika realistik diawali dengan masalah-masalah yang nyata, sehingga siswa dapat menggunakan pengalaman sebelumnya secara langsung. Dengan pembelajaran matematika realistik siswa dapat mengembangkan konsep yang lebih komplit. Kemudian siswa juga dapat mengaplikasikan konsep-konsep matematika ke bidang baru dan dunia nyata. (di ambil dari sekolahdasar.net)

Menurut Zainurie (2007) matematika realistik adalah matematika sekolah yang dilaksanakan dengan menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran.
PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) atau RME (Realistic Mathematics Education) adalah teori pembelajaran yang bertitik tolak dari hal-hal yang riil atau pernah dialami siswa, menekankan keterampilan proses, berdiskusi dan berkolaborasi, berargumentasi dengan teman sekelas sehingga mereka dapat menemukan sendiri (student inventing) sebagai kebalikan dari (teacher telling) dan pada akhirnya menggunakan matematika itu untuk menyelesaikan masalah baik secara individu maupun kelompok dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Jadi  menurut pendapat saya pendekatan matematika realistic dapat di artikan suatu proses pembelajaran matematika yang menggunakan metode pendekatan secara nyata yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari jadi siswa dapat memahami melalui kehidupan yang ada di sekitar mereka dan di damping oleh seorang guru.

Sumber Referensi:
Sekolah Dasar.net
Evi Soviawati. Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatakan kemampuaqn berpikir siswa di tingkat sekolah Dasar.
http://h4mm4d.wordpress.com/2009/02/27/pendidikan-matematika-realistik-indonesia-pmri-indonesia/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar